Pengertian dan Manfaat Media Pembelajaran

1 min read

Media Pembelajaran

Eureka Pendidikan. Kata media berasal dari bahasa latin yang merupakan bentuk jamak dari kata medium yang secara harfiah berarti perantara atau pengantar. Media adalah perantara atau pengantar pesan dari pengirim pesan (Azhar Arsyad,2004).

Jika mengamati perkembangan media, maka pada mulanya media hanya dianggap sebagai alat bantu mengajar guru (teaching aids). Alat bantu yang dipakai adalah alat bantu visual, yaitu gambar, model, objek, dan alat-alat lain yang dapat memberikan pengalaman kongkrit, motivasi belajar, serta mempertinggi daya serap dan retensi belajar siswa. Namun karena terlalu memusatkan perhatian pada alat bantu visual yang dipakainya, orang kurang memperhatikan aspek desain pembelajaran.

Media pembelajaran secara umum adalah alat bantu proses belajar mengajar. Segala sesuatu yang dapat dipergunakan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemampuan atau ketrampilan peserta didik sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar. Batasan ini cukup luas dan mendalam mencakup pengertian sumber, lingkungan, manusia dan metode yang dimanfaatkan untuk tujuan pembelajaran / pelatihan.

Sedangkan menurut Briggs (1977) media pembelajaran adalah sarana fisik untuk menyampaikan isi/materi pembelajaran seperti : buku, film, video dan sebagainya. Kemudian menurut National Education Associaton(1969) mengungkapkan bahwa media pembelajaran adalah sarana komunikasi dalam bentuk cetak maupun pandang-dengar, termasuk teknologi perangkat keras.

Secara umum, manfaat media dalam proses pembelajaran adalah memperlancar interaksi antara guru dengan siswa sehingga pembelajaran akan lebih efektif dan efisien. Tetapi secara lebih khusus ada beberapa manfaat media yang lebih rinci Kemp dan Dayton (1985) misalnya, mengidentifikasi beberapa manfaat media dalam pembelajaran yaitu :

  1. Penyampaian materi pelajaran dapat diseragamkan
  2. Proses pembelajaran menjadi lebih jelas dan menarik
  3. Proses pembelajaran menjadi lebih interaktif
  4. Efisiensi dalam waktu dan tenaga
  5. Meningkatkan kualitas hasil belajar siswa 
  6. Media memungkinkan proses belajar dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja
  7. Media dapat menumbuhkan sikap positif siswa terhadap materi dan proses belajar
  8. Merubah peran guru ke arah yang lebih positif dan produktif

    Membuat media pembelajaran yang baik sangat membantu guru dalam menyajikan bahan ajar dan lebih mengaktifkan siswa untuk belajar. Media pengajaran yang baik adalah media yang mampu mengaktifkan semua panca indra siswa. Sehingga siswa menjadi lebih aktif dalam mengikuti proses belajar mengajar.

    Macam-macam Peta Konsep

    Macam-macam Peta Konsep Eureka Pendidikan. Menurut Nur (2000) dalam Erman (2003: 24) peta konsep ada empat macam yaitu: pohon jaringan (network tree), rantai kejadian...
    Firdaus Muqarrobin
    1 min read

    Hakikat Scientific Approach Atau Pendekatan Saintifics

    Hakikat Scientific Approach Atau Pendekatan Saintifics Eureka Pendidikan. Scientific approach  merupakan sebuah pendekatan yang digunakan dalam proses pembelajaran.  Pendekatan ini dikembangkan dari scientific method...
    Firdaus Muqarrobin
    5 min read

    Langkah-langkah Penyusunan RPP

    Langkah-langkah Penyusunan RPP RPP dijabarkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai KD. Setiap guru pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun...
    Firdaus Muqarrobin
    3 min read

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *