Tema 1 Kelas 6

Tema 1 Kelas 6

Pembelajaran 3

Rangkuman materi pembelajaran 3 tema 1 subtema 1 Tumbuhan Sahabatku Kelas 6 SD dan kunci jawabannya. Pada topik pelajaran tematik 1 SD/MI kelas VI tentang “Selamatkan Makhluk Hidup” dibagi menjadi beberapa subtema, salah satunya Tumbuhan Sahabatku. Subtema 1 ini dibagi menjadi 6 pembelajaran. Berikut ini ringkasan isi pembelajaran ketiga.

Padi, umbi-umbian, sayuran, dan buah-buahan yang kamu makan membuat tubuhmu sehat. Selain itu, kamu akan memiliki cukup energi untuk melakukan aktivitas. Akan tetapi, makanan yang kamu makan saja tidak cukup. Kamu perlu berolahraga untuk membuat badanmu sehat dan kuat.

Ayo Mencoba!

Hari ini kamu akan bermain di luar. Permainan ini disebut dengan “Ambil Benderanya!”. Perhatikan cara bermainnya

Ambil Benderanya!

  1. Bagilah siswa menjadi 2 kelompok.
  2. Masing-masing kelompok menempati lapangan dan berdiri di area yang telah ditentukan.
  3. Setiap kelompok menancapkan bendera di areanya dan menjaganya jangan sampai diambil lawan.
  4. Saat peluit ditiup, seluruh anggota bergerak ke arah bendera lawan untuk mengambil benderanya.
  5. Anggota yang berada di daerah lawan berlari menghindari lawan. Apabila sampai tersentuh, maka yang bersangkutan harus keluar lapangan. Wasit meniup peluit meminta seluruh pemain kembali ke tempat masing-masing.
  6. Setelah semua siap kembali, wasit meniup peluit sebagai tanda bahwa permainan dimulai. Begitu seterusnya.
  7. Permainan berlangsung sekitar 15 menit.
  8. Kelompok yang menang adalah mereka yang berhasil mengambil bendera lawan.

Saat bermain, kamu harus memiliki keterampilan berlari. Perhatikan sikap tubuh ketika berlari berikut ini.

Pembelajaran 3 Tema 1 Subtema 1 Tumbuhan Sahabatku

Berdiskusilah dengan gurumu bagaimana cara berlari yang baik dapat diterapkan. Setelah berolahraga, kamu dapat berteduh di bawah pohon di halaman sekolah untuk merefleksikan kegiatan yang baru selesai.

Tahukah kamu, tanaman memiliki manfaat sebagai makanan dan minuman. Tanaman juga bisa dimanfaatkan sebagai obat. Selain itu, tanaman memiliki manfaat lain, yaitu melindungi kita dari panas matahari.

Tumbuhan selain berkembang biak dengan cara generatif, juga berkembang biak dengan cara vegetatif. Bagaimana perkembangbiakan vegetatif pada tumbuhan? Ayo, kita cari tahu.

Ayo Mengamati!

  • Nanas berkembang biak dengan cara vegetatif. Pembibitan tunas dapat dilakukan untuk mengembangbiakkannya.
  • Bawang merah memiliki bentuk berlapis yang di tengahnya akan tumbuh tunas. Umbi lapis terdiri atas daun yang tumbuh melapisi batang dan membengkak di dalam tanah.
  • Pohon pisang berkembang biak dengan cara membentuk anak pisangan pohon yang disebut tunas.

Beberapa tumbuhan tersebut berkembang biak dengan cara vegetatif. Tahukah kamu yang dimaksud dengan perkembangbiakan secara vegetatif? Perkembangbiakan secara vegetatif adalah cara berkembang biak suatu mahluk hidup yang terjadi tanpa melalui perkawinan. Makhluk hidup baru tumbuhan berasal dari induknya.

Sekarang, amati gambar berikut ini. Bagaimana cara tanaman tersebut berkembang biak? Carilah informasi dari berbagai sumber. Tuliskan hasilnya di bawah ini!

Pembelajaran 3 Tema 1 Subtema 1 Tumbuhan Sahabatku Kelas 6

Diskusikan hasilnya dengan teman di kelompokmu.

Contoh hasil diskusi :

Wortel berkembang biak secara generatif dan vegetatif. Secara generatif tanaman wortel akan menghasilkan bunga yang akan melakukan proses kawin (penyerbukan) dan di kenal sebagai perkembangbiakan generatif pada tumbuhan wortel. Setiap bunga dalam memiliki kapasitas untuk memproduksi dua biji.

Untuk menghasilkan benih tanaman harus diserbuki. Bunga-bunga dari tanaman wortel dapat menyerbuki dirinya sendiri atau di serbuki oleh tanaman wortel lainnya. Penyerbukan silang dapat terjadi antara individu dari spesies yang sama (dari jenis wortel yang sama) atau bahkan antara spesies wortel yang berbeda. Setelah melakukan penyerbukan barulah biji dari tanaman wortel ini akan terbentuk, lalu biji inilah yang akan tumbuh menjadi tanaman wortel yang baru.

Secara vegetatif : Pada tumbuhan wortel bisa berkembang biak melalui Umbi akar yang akarnya membesar berisi cadangan makanan. Jika umbi ini ditanam bersama dengan pangkal batang maka akan tumbuh tunas. Tunas tersebut merupakan tumbuhan baru.

Perhatikan lingkungan sekolahmu. Catatlah informasi tentang tanaman yang berkembang biak secara vegetatif. Catatlah pada tabel berikut.

Nama Tanaman Cara
Berkembangbiak
Keterangan
Pisang Tunas Pohon pisang memiliki
anakan yang disebut tunas
Bawang Merah Umbi lapis Umbi lapis adalah modifikasi daun dan tergolong vegetatif alami
Bawang Bombai Umbi lapis Umbi lapis adalah modifikasi daun dan tergolong vegetatif alami
Cocor Bebek Stek daun atau tunas adventif Stek daun termasuk vegetatif buatan dan tunas adventif termasuk vegetatif alami
Stroberi Geragih atau stolon Perkembangbiakan secara mendatar di bagian permukaan tanah

Tulislah manfaat dari perkembangbiakan secara vegetatif pada kolom dibawah ini. Berikut manfaatnya :

  • Tanaman yang dihasilkan memiliki perakaran yang kuat.
  • Umur tanaman menjadi lebih lama
  • Dapat menghasilkan varietas baru.
  • Biayanya lebih murah

Ayo Membaca!

Tumbuhan Sumber Kehidupan

Indonesia adalah negara kepulauan yang terletak di garis Khatulistiwa Indonesia memiliki dataran tinggi, dataran rendah, dan perairan.

Dataran rendah adalah daratan yang memiliki ketinggian 0-200 m di atas permukaan laut. Hampir semua ibu kota provinsi di Indonesia terletak di dataran rendah. Tumbuhan di dataran rendah adalah padi, palawija, dan tebu.

Wilayah pantai termasuk dataran rendah. Indonesia memiliki banyak pantai karena negara kita terdiri atas ribuan pulau. Tumbuhan di wilayah pantai adalah kelapa, bakau, dan ganggang.

Dataran tinggi adalah daratan luas dengan ketinggian lebih dari 200 m di atas permukaan laut. Beberapa dataran tinggi di Indonesia adalah dataran tinggi Dieng (Jawa Tengah), dataran tinggi Malang dan dataran tinggi Tengger (Jawa Timur), dataran tinggi Alas (Aceh), dan dataran tinggi Bone (Sulawesi Selatan). Jenis tumbuhan di dataran tinggi adalah teh, kopi, cengkeh, buah-buahan, dan sayuran.

Dapatkah kamu menemukan jenis tumbuhan lain yang terdapat di dataran tinggi dan dataran rendah?

Oleh : Nuniek
Tara Salvia

Isilah diagram di bawah ini berdasarkan informasi dan ide pokok dalam
bacaan.

Kunci Jawaban Pembelajaran 3 Tema 1 Subtema 1 Tumbuhan Sahabatku

Diskusikan diagrammu dengan teman kelompokmu. Kembangkan informasi dan ide pokok pada diagram menjadi sebuah tulisan. Serahkan tulisanmu kepada gurumu.

Nah itulah rangkuman materi pembelajaran 3 tema 1 subtema 1 Tumbuhan Sahabatku Kelas 6 SD dan kunci jawabannya secara singkat, semoga bermanfaat. Lihat secara lengkap? Buka buku siswa dan guru tema 1 subtema 1 Tumbuhan Sahabatku.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *