Dimensi Pengetahuan Berdasarkan Taksnonomi Anderson danKarhtwohl

1 min read

Dimensi Pengetahuan Berdasarkan Taksnonomi 

Anderson dan Karhtwohl

Eureka Pendidikan. Dimensi pengetahuan pada dasarnya bukan merupakan suatu hal yang baru dalam dunia pendidikan. Karena dimensi pengetahuan ini telah dikembangkan oleh Anderson dan Karthwohl sejak tahun 2001. Revisi yang dilakukan oleh Anderson dan Kartwohl terhadap taksonomi yang telah dikemukakan oleh Bloom, membagi ranah kognitif menjadi dua dimensi, yakni dimensi proses kognitif dan dimensi kognitif atau pengetahuan. Dimensi pengetahuan ini muncul sebagai cognitive product atau hasil dari proses kognitif. Proses kognitif sendiri berkaitan dengan enam kategori proses (C1-C6), yakni mengetahui, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi dan menciptakan.

Ilmu Pendidikan

Taksonomi ini masih sangat diperlukan dalam dunia pendidikan, karena taksonomi ini menjadi salah satu kerangka dasar untuk pengkategorian tujuan-tujuan pendidikan, penyusunan evaluasi pembelajaran dan pengembangan kurikulum. Karena sebagaimana dipahami, apabila memahami hakikat dari belajar maka yang diharapkan adalah adanya perubahan perilaku. Untuk memahami makna perubahan perilaku dalam ranah kognitif ini, pada umumnya masih menggunakan pengkategorian atau taksonomi yang dikembangkan oleh Bloom atau yang telah direvisi oleh Anderson dan Karthwohl. Walaupun pada perkembangannya telah banyak pengkategorian serupa yang telah dikembangkan oleh pakar pendidikan lain. 
Sebagaimana yang telah dikemukakan, bahwa pengkategorian memiliki berbagai peranan baik dalam lingkup pembelajaran maupun dalam lingkup pendidikan. Pengkategorian ini menunjukkan sebuah hierarki atau tingkatan, yang berarti bahwa siswa akan mampu berpikir pada tahapan yang tinggi apabila tahapan di bawahnya telah dikuasai. Namun, pada umumnya, penelitian yang dilakukan terkait taksonomi Anderson dan Karthwohl ini cenderung berada pada wilayah dimensi proses kognitif (C1-C6). Sedangkan, dimensi pengetahuan atau produk kognitif ini belum banyak diteliti. Dimensi pengetahuan ini sendiri terbagi menjadi empat kategorial, yakni pengetahuan faktual, pengetahuan konseptual, pengetahuan prosedural dan pengetahuan metakognisi. Berikut ini merupakan penjabaran dari dimensi pengetahuan tersebut:

  1. Pengetahuan Faktual
  2. Pengetahuan Konseptual
  3. Pengetahuan Prosedural
  4. Pengetahuan Metakognisi

Sistem Gerak pada Hewan dan Tumbuhan (Materi IPA SMP)

Sistem Gerak pada Hewan Sistem Gerak Hewan yang Hidup di DaratContoh dari hewan mamalia yang hidup di darat adalah kuda. Kuda memiliki tulang-tulang kokoh...
Dessy Alfindasari
2 min read

Karya Ilmiah

Definisi Karya Ilmiah Karya ilmiah adalah satu karangan yang disusun secara sistematis dan bersifat ilmiah. Sistematis artinya karangan atau karya tulis tersebut disusun menurut...
Fikroturrofiah
5 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *