Pengertian Qada dan Qadar

56 sec read

Pengertian Qada Dan Qadar – Sebagai agama yang paling sempurna, Islam mengatur segala sesuatu di muka bumi ini dengan sempurna pula. Termasuk urusan nasib seseorang. Dalam Islam, nasib seseorang bisa disebut dengan istilah qada dan qadar.

Sebagai ciptaan Allah SWT, kita sudah selayaknya memahami antara qada dan qadar. Dengan begitu, jalan hidup kita akan bisa sesuai dengan yang digariskan Allah SWT.

Pengertian Qada dan Qadar

Qada dan Qadar memiliki hubungan yang sangat erat, artinya juga hampir sama. Kesamaan ini lah yang membuat seseorang terkadang lupa dengan batasnya. Terkadang kita sebagai manusia tidak bisa menerima sesuatu yang telah Allah tetapkan kepada kita semua.

Oleh karena itu, sebagai umat islam yang taat, alangkah baiknya bila kita pahami arti dari qada dan qadar itu agar keimanan kita semakin bertambah.

Pengertian Qada

Kata qada sebenarnya merupakan sebuah kata yang tidak asing. Beberapa kali kata ini disebutkan dalam Al quran. Arti kata qada secara bahasa adalah ketetapan. Yaitu sesuatu kepastian yang telah dibuat sejak sebelum kelahiran, yaitu di jaman Azali.

Ketetapan yang membawa setiap kehidupan manusia. Kesempurnaan Allah SWT terlihat dari betapa rinci Allah SWT telah mengatur kehidupan setiap umat. Bahkan ketetapan telah diberikan jauh sebelum kelahiran manusia-manusia ke bumi.

Pengertian Qadar

Istilah yang kedua dalam bahasan mengenai ketetapan yang Allah SWT berikan adalah qadar. Dapat diartikan bahwa qadar merupakan ukuran atau pertimbangan. Yang jika disimpulkan bahwa qadar adalah suatu ketetapan yang telah diciptakan berdasarkan oleh ukuran Allah SWT pada setiap diri manusia.

Jika qada berarti ketetapan atau aturan, qadar adalah ukuran. Namun istilah tersebut digunakan secara bersamaan untuk menggambarkan sebuah kepastian mengenai hukum dari Allah SWT.

Baca juga: pengertian ukhuwah

Contoh Soal Ujian Sekolah (US) IPA – Kelas VI…

A. Pilihan Ganda 1. Perhatikan rantai makanan berikut! Tanaman padi -> ulat -> X -> ular Hewan yang tepat untuk menempati bagian X pada...
Fikroturrofiah
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *